Subscribe:Posts Comments

You Are Here: HomeBasecamp � Basecamp MAPALA UNAND



AWAL PENDIRIAN

MAPALA UNAND didirikan pada tanggal 13 Desember 1984 oleh orang-orang yang peduli dengan lingkungan dan kegiatan alam bebas. Kemudian kegiatan MAPALA UNAND vakum selama beberapa tahun, setelah diadakannya Ekspedisi Mentawai pada tahun 1985. Pada tahun 1988 setelah 3 tahun absen dari kegiatannya dan untuk kembali eksis sebagai unit kegiatan mahasiswa maka, MAPALA UNAND kembali membenahi dirinya.
Setelah membenahi kepengurusannya beberapa bulan, MAPALA UNAND mulai memperlihatkan eksistensinya/keberadaannya kembali pada pertengahan 1989, dengan mengikuti sebuah kejuaraan untuk pertama kalinya yaitu Lomba Lintas Pantai III se-Sumatera Tengah, yang diadakan MAPALA Proklamator Universitas Bung Hatta Padang, dan berhasil meraih juara I.
Setelah mulai eksis pada tahun tersebut, MAPALA UNAND mulai mengokohkan diri sebagai salah satu organisasi yang mapan yang ditunjukkan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat intern maupun ekstern yang melibatkan kelompok atau organisasi pecinta alam lainnya baik di lingkungan Sumatera Barat maupun yang berskala Nasional.

II. KEPENGURUSAN
Kepengurusan MAPALA UNAND terdiri dari :
– Ketua
– Sekretaris
– Bendahara
– Bidang Teknik Operasional yang dibagi lagi menurut spesialisasinya masing-masing
1. TO. Tebing
2. TO. Rimba Gunung (SAR dan ESAR)
3. TO. Olah Raga Air (Arus Deras dan Tenang)
4. TO. Caving
– Bidang Sekretariat
– Bidang Organisasi
– Bidang Humas
– Bidang Rumah Tangga
– Pelestarian Alam dan Lingkungan Hidup

III. KEANGGOTAAN
Setiap mahasiswa Universitas Andalas berhak untuk menjadi anggota MAPALA UNAND. Tentu saja harus melalui beberapa seleksi dan memenuhi syarat-syarat tertentu. Penerimaan anggota baru MAPALA UNAND diadakan secara berkala. Umumnya pada awal semester ganjil pada setiap tahunnya.
MAPALA UNAND juga mempunyai beberapa tahap keanggotaan yang harus diikuti mereka yang telah mendaftarkan diri untuk mencapai tingkat anggota penuh. Tahapan itu meliputi :
-Calon Anggota Muda
-Anggota Muda
-Anggota Tanpa Register
-Anggota Penuh
Diadakannya tahap keanggotaan yang begitu banyak dan begitu ketat, tidak lain untuk mendapatkan dan menjadikan Anggota MAPALA UNAND yang berkualitas baik dalam berkegiatan di alam bebas maupun dalam berorganisasi. Karena status keanggotaan MAPALA UNAND adalah seumur hidup.

Tags: Basecamp

0 komentar

Leave a Reply