Subscribe:Posts Comments

You Are Here: HomeKabarAlam � Aksi Tanam 1.000 Pohon



Sebagai wujud nyata dalam rangka pelestarian lingkungan hidup dan peran pencegahan pemanasan global, Anggota Gerakan Pramuka dan Ikatan Keluarga Alumni Pramuka SMK Negeri 1 Batang yang bekerja sama dengan Oemah Tani Kabupaten Batang, Minggu / 28 Maret 2010 menyelenggarakan kegiatan aksi tanam 1.000 pohon di lahan kritis Desa Tumbrep Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bhakti sosial yang telah diprogramkan oleh Dewan Penegak Gerpram SMK N 1 Batang.

Kegiatan Aksi Tanam 1.000 pohon dibuka oleh Pembina Pramuka SMK Negeri 1 Batang, Bapak Indriyo Raharjo, S.Pd secara simbolis dengan menyerahan bibit pohon sengon merah kepada Bapak Tahroni, selaku ketua Oemah Tani dalam acara pembukaan di Lapangan Desa Tumbrep yang disaksikan oleh seluruh peserta kegiatan termasuk para petani. Dalam sambutannya, pembina pramuka menyampaikan bahwa kegiatan tanam 1.000 pohon merupakan wujud komitmen anggota garakan pramuka dalam mencintai alam dan lingkungan hidup serta wujud kepedulian terhadap kelestarian alam untuk masa yang akan datang, selain itu kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pendidikan bagi anggota pramuka untuk belajar menanam, mencintai lingkungan hidup dan menghargai jerih payah para petani yang tetap solid untuk mengolah lahan hutan dan menjaga hutan dari kegundulan, sehingga mampu mengurangi bahaya banjir dan longsor di Kabupaten Batang.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyuluhan cara menanam pohon yang baik oleh Bapak Suyitno. Dalam kesempatan tersebut selain menerangkan bagaimana cara menanam, mengolah tanah, merawat tanaman dari hama juga dipraktekan proses menanam bibit pohon ke dalam lubang. Pembina Pramuka pun ikut serta turun mencangkul lahan dan menanam bibit pohon Durian, dalam kesempatan itu pembina ingin memberikan contoh yang baik bagaimanapun anggota pramuka harus tetap solid terhadap jerih payah seorang petani dalam mempertahankan kelestarian lahan kritis ini.

Antusias aksi tanam 1.000 pohon itu juga terlihat dari anggota pramuka dan para Alumni pramuka yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (Ikada Dikari) yang dengan cermat mempraktekan apa yang telah disampaikan oleh penyuluh. Selian itu, mereka juga dibantu oleh para petani yang siap sedianya membantu memberikan pencerahan bagaiman cara membuat lobang, menanam bibit sampai dengan proses perawatan. Jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini antara lain terdiri dari bibit pohon sengon dan bibit pohon buah yang meliputi bibit Durian, bibit Mangga, bibit rambutan dan juga bibit pohon pisang yang ditanam sebagai tanaman yang cepat berbuah sehingga cepat dipanen bagi petani.

Kegiatan aksi tanam 1.000 pohon tersebut ditutup dengan acara saresehan di base camp Oemah Tani sebagai tempat Advokasi, Konsulting dan Trainning Petani Kabupaten Batang. Dari kegiatan ini diharapkan tumbuhnya jiwa dan rasa kepedulian pada generasi muda (pramuka) untuk mencintai lingkungan, alam dan hutan serta menjaga kelestariannya demi kehidupan yang akan datang menghadapi isu pemanasan global.

Tags: KabarAlam

0 komentar

Leave a Reply